Summary Kuliah Pemodelan Sistem
1. Pengertian
sistem dan model
Sistem
merupakan sekumpulan manusia, hal dan atau ide/gagasan yang terhubung oleh
beberapa alasan atau tujuan bersama, yang secara jelas dibedakan dengan sekitarnya,
dan yang mempunyai atribut atau sifat-sifat yang berbeda dari masing-masing
anggotanya, serta kepemilikan kepada anggota lain pada hal yang sama … seperti
dirasakan atau dibayangkan oleh seorang manusia.
System is a group of
people, things and/or ideas connected by some common reason or purpose, that is
clearly differentiated from its surroundings, and which has attributes or
properties that are different from those its member have individually, and the
belonging to which others those members in some way … as perceived or conceived
by an individual human being.
Elemen
merupakan bagian penyusun sistem. Suatu elemen dikatakan saling terintegrasi
apabila ketiadaannya dalam sistem akan menghambat berjalannya sistem tersebut.
Model
merupakan suatu gambaran/ potret/ representatif dari suatu hal atau sistem.
Dilihat dari bentuknya, model dapat berupa miniatur, numerik, naratif, analog,
suara, dsb. Apabila kita memodelkan analisis maka hasilnya adalah ramalan/
proyeksi dari suatu permasalahan.
2.
Pengertian manajemen
Working with and
through individuals, groups, and other resources to accomplish organizational
goals and objectives.
Manajemen
merupakan suatu bentuk kerja bersama dan melalui individu, dan sumber daya lain
untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Sementara pengertian lainnya yaitu;
A process of planning,
organizing, directing & controlling organizational behavior to accomplish a
mission through division of labor & utilization of resources.
Manajemen
merupakan sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian,
pengaturan serta pengontrolan dari perilaku organisasi untuk mencapai misi
melalui pembagian kerja dan pemaslahatan sumber daya.
Peran
controlling dalam manajemen adalah
menjaga supaya apa yang dilaksanakan tidak melenceng dari perancangan (planning) yang telah disusun. Controlling berbeda dengan monitoring, kontrol dilakukan sampai
pengambilan keputusan sedangkan monitoring
hanya sampai memaparkan masalah dan solusinya saja.
3.
Sumber daya organisasi (organizational resources) terdiri dari;
a.
Human
resources
Tiap orang ditempatkan sesuai
dengan kapabilitas kerjanya masing-masing.
b.
Financial
resources
Dalam berlangsungnya sebuah
organisasi, mereka membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan ekonomi
keorganisasian serta kegiatan lainnya.
c.
Physical
resources
Diatur dan dikelola melalui metode
dan strategi organisasi yang telah disusun. Metode berbeda dengan strategi,
metode lebih bersifat teknis operasional sedangkan strategi berorientasi jangka
panjang.
d.
Informational
resources
Sebuah organisasi membutuhkan
informasi baik dari dalam organisasinya maupun dari luar. Informasi tersebut
diatur dalam sebuah sistem informasi sehingga memudahkan organisasi dalam
mengolahnya.
4.
Management
decisions terdiri dari:
a.
Planning
decision
Keputusan ini meliputi:
1. Setting goals
(menentukan tujuan-tujuan dari organisasi)
Tujuan yang baik adalah tujuan yang
memenuhi sifat berikut:
Specific
(harus bisa membedakan antara sistem organisasi tersebut dengan lingkungannya)
Measurable
(tujuan
harus bisa diukur tingkat keberhasilannya)
Achievable
(tujuan
dapat direalisasikan di kehidupan nyata)
Related (tujuan
harus berhubungan dengan alasan/ latar belakang berdirinya organisasi tersebut)
Time reference (tujuan
harus memiliki acuan waktu/ deadline
kapan tujuan tersebut perlu dicapai)
2. Determining paths
(menentukan langkah apa saja yang akan diambil)
3. Scheduling
(menentukan kapan suatu perencanaan akan dilaksanakan dan kapan deadline-nya)
Effective managers set clear-up
plans, realistic time schedules and allow contingencies.
Seorang
manajer yang efektif menyusun rencana-rencana dengan jelas, pengaturan waktu
yang realistis dan memberikan ruang alternatif untuk perubahan (contingencies).
b.
Organizing
decision
1.
Determining
structure and design
2.
Allocating
resources
c.
Directing
decision
1.
Leadership
styles
2.
Communications
3.
Motivation
and incentives
4.
Coaching
and counseling
d.
Controlling
decision
1.
Monitoring
and feedback
2.
Evaluation
and adjustment
3.
Corrective
discipline
4.
Performance
appraisal
5.
Lebih jauh mengenai manajemen
Manajemen
merupakan:
·
FUNCTIONS, yang berperan dalam;
-
Decision-making
Manajemen dapat digunakan sebagai
alat referensi pengambilan keputusan.
-
Influence
Manajemen juga dapat digunakan
sebagai alat mempengaruhi suatu kondisi menjadi kondisi tujuan.
·
SKILL, meliputi:
-
Human
-
Conceptual
-
Technical
Dosen: Paulus Tangkere
Komentar
Posting Komentar