Summary Kuliah Pemodelan Sistem


1.      Pengertian sistem dan model
Sistem merupakan sekumpulan manusia, hal dan atau ide/gagasan yang terhubung oleh beberapa alasan atau tujuan bersama, yang secara jelas dibedakan dengan sekitarnya, dan yang mempunyai atribut atau sifat-sifat yang berbeda dari masing-masing anggotanya, serta kepemilikan kepada anggota lain pada hal yang sama … seperti dirasakan atau dibayangkan oleh seorang manusia.
System is a group of people, things and/or ideas connected by some common reason or purpose, that is clearly differentiated from its surroundings, and which has attributes or properties that are different from those its member have individually, and the belonging to which others those members in some way … as perceived or conceived by an individual human being.
Elemen merupakan bagian penyusun sistem. Suatu elemen dikatakan saling terintegrasi apabila ketiadaannya dalam sistem akan menghambat berjalannya sistem tersebut.
Model merupakan suatu gambaran/ potret/ representatif dari suatu hal atau sistem. Dilihat dari bentuknya, model dapat berupa miniatur, numerik, naratif, analog, suara, dsb. Apabila kita memodelkan analisis maka hasilnya adalah ramalan/ proyeksi dari suatu permasalahan.

2.      Pengertian manajemen
Working with and through individuals, groups, and other resources to accomplish organizational goals and objectives.
Manajemen merupakan suatu bentuk kerja bersama dan melalui individu, dan sumber daya lain untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. Sementara pengertian lainnya yaitu;
A process of planning, organizing, directing & controlling organizational behavior to accomplish a mission through division of labor & utilization of resources.
Manajemen merupakan sebuah proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengaturan serta pengontrolan dari perilaku organisasi untuk mencapai misi melalui pembagian kerja dan pemaslahatan sumber daya.
Peran controlling dalam manajemen adalah menjaga supaya apa yang dilaksanakan tidak melenceng dari perancangan (planning) yang telah disusun. Controlling berbeda dengan monitoring, kontrol dilakukan sampai pengambilan keputusan sedangkan monitoring hanya sampai memaparkan masalah dan solusinya saja.

3.      Sumber daya organisasi (organizational resources) terdiri dari;
a.      Human resources
Tiap orang ditempatkan sesuai dengan kapabilitas kerjanya masing-masing.
b.      Financial resources
Dalam berlangsungnya sebuah organisasi, mereka membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keorganisasian serta kegiatan lainnya.
c.       Physical resources
Diatur dan dikelola melalui metode dan strategi organisasi yang telah disusun. Metode berbeda dengan strategi, metode lebih bersifat teknis operasional sedangkan strategi berorientasi jangka panjang.
d.      Informational resources
Sebuah organisasi membutuhkan informasi baik dari dalam organisasinya maupun dari luar. Informasi tersebut diatur dalam sebuah sistem informasi sehingga memudahkan organisasi dalam mengolahnya.

4.      Management decisions terdiri dari:
a.      Planning decision
Keputusan ini meliputi:
1.      Setting goals (menentukan tujuan-tujuan dari organisasi)
Tujuan yang baik adalah tujuan yang memenuhi sifat berikut:
Specific (harus bisa membedakan antara sistem organisasi tersebut dengan lingkungannya)
Measurable (tujuan harus bisa diukur tingkat keberhasilannya)
Achievable (tujuan dapat direalisasikan di kehidupan nyata)
Related (tujuan harus berhubungan dengan alasan/ latar belakang berdirinya organisasi tersebut)
Time reference (tujuan harus memiliki acuan waktu/ deadline kapan tujuan tersebut perlu dicapai)

2.      Determining paths (menentukan langkah apa saja yang akan diambil)
3.      Scheduling (menentukan kapan suatu perencanaan akan dilaksanakan dan kapan deadline-nya)
Effective managers set clear-up plans, realistic time schedules and allow contingencies.
Seorang manajer yang efektif menyusun rencana-rencana dengan jelas, pengaturan waktu yang realistis dan memberikan ruang alternatif untuk perubahan (contingencies).

b.      Organizing decision
1.      Determining structure and design
2.      Allocating resources

c.       Directing decision
1.      Leadership styles
2.      Communications
3.      Motivation and incentives
4.      Coaching and counseling

d.      Controlling decision
1.      Monitoring and feedback
2.      Evaluation and adjustment
3.      Corrective discipline
4.      Performance appraisal

5.      Lebih jauh mengenai manajemen
Manajemen merupakan:
·         FUNCTIONS, yang berperan dalam;
-          Decision-making
Manajemen dapat digunakan sebagai alat referensi pengambilan keputusan.
-          Influence
Manajemen juga dapat digunakan sebagai alat mempengaruhi suatu kondisi menjadi kondisi tujuan.

·         SKILL, meliputi:
-          Human
-          Conceptual
-          Technical

Dosen: Paulus Tangkere

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tulisan Gabut

Puisi yang kubacakan bersama Rischa Natasha pada acara silaturrahmi dengan Prodi ILPOL

Orasi W. S. Rendra